Objek wisata andalan Oku selatan.

Pesona wisata sumsel, objek wisata di Kabupaten, Oku selatan -  Kabupaten Oku selatan, adalah salah satu destinasi wisata di sumatera selatan, ada banyak objek wisata yang bisa dinikmati oleh para wisatawan disini.

Apa saja objek wisata menarik yang bisa di eksplore disana?. berikut selengkapnya:


Danau Ranau
Destinasi  andalan Kabupaten OKU yang satu ini menjadi kebanggaan masyarakat OKU. Danau Ranau adalah danau terbesar kedua di Sumatera setelah Danau Toba. Yang sama-sama memiliki pulau di tengahnya, kalau di Danau Toba Pulau Samosir, sementara di Danau Ranau ini adalah Pulau Marisa. Keindahan dari Danau Ranau tidak perlu diragukan lagi tidak hanya wisatawan domestik saja yang berwisata mengunjungi Danau di Sumatera Selatan ini, tapi juga wisatawan asing. Tidak hanya menghadirkan panorama danau saja, tapi juga Gunung Seminung, areal persawahan dan juga perkebunan kopi yang berada di pinggir danau. Wisatawan bisa menikmati keindahan Danau Ranau dengan mengelilingi menggunakan perahu atau hanya sekedar bersantai di pinggiran danau atau di villa-villa yang banyak tersedia di pinggiran danau.

Air terjun curup datar
lokasinya berada di Desa Mehanggin, Kecamatan Muara Dua. Ada keunikan tersendiri dengan Air Terjun Curup Datar, selain air terjun utama dengan ketinggian kurang lebih 20 meter dan ada juga air terjun kecil di sampingnya yang mengalirkan air yang sangat jernih ke kolam yang cukup luas. Bentuk dari tebing air terjun utama sangat unik seperti tangga undakan tapi terjal.

Baca juga : Objek wisata murah berkualitas di Singapura. 

Daftar objek wisata dikota Bangkok. Thailand.

Air Terjun Curup Papan
Mungkin setiap orang yang mengunjungi tempat wisata di Sumatera Selatan ini akan takjub melihatnya. Air terjun dengan begit airnya yang sangat besar, konturnya yang landai namun tinggi, dan juga tingkat kelebarannya. Satu lagi nilai plusnya adalah kolamnya yang begitu besar, namun sangat dalam ya, jadi kalau tidak jago berenang harus menggunakan pelampung. Atau kamu juga bisa bersantai di atas perahu karet sembari menikmati alam serta cipratan buih air segar yang jatuh terkena bebatuan. Sebenanrya Air Terjun Curup Papan ini bisa menjadi destinasi andalan juga bagi Kabupaten OKU Selatan

Air terjun bayur tengah.
Lokasinya cukup berdekatan dengan Air terjun Sakiri yang berada di desa yang sama, yakni Desa Bayur Tengah, Kecamatan Muara Dua Kisam. Meskipun tidak setinggi Air Terjun Sakiri, tapi Air Terjun Bayur Tengah ini cukup eksotis dengan konturnya yang landai dihiasi ornamen bebatuan yang begitu terlihat sangat alami. Kondisi konturnya yang landai sangat memungkinkan kita untuk mendakinya hingga puncak air terjun. Sudah bisa dipastikan pemandangan yang sangat indah ketika kamu berada di puncak air terjun.


Sungai selabung.
Arung Jeram Sungai Selabung ini memang menjadi destinasi favorit bagi para penggila rafting. Kamu tidak hanya disajikan keindahan sungai dengan arusnya derasnya saja, tapi juga panorama pedesaan, seperti perbukitan hingga view Gunung Seminung dan areal persawahan menjadi penghias Sungai Selabung. Tempat wisata di Sumatera Selatan ini memang tidak begitu jauh dari Danau Ranau, yang letaknya ada di Kecamatan Banding Agung hingga sampai ke Kecamatan Mekakau Ilir. Menjadi pengalaman berarung jeram yang cukup menyenangkan karena cukup jauh jaraknya dan kamu bisa merasakan sensasinya berarung jeram.

Bukit singau.
panorama alam perbukitan nan hijau serasa menyejukkan hati. Ketika kamu berada di tempat wisata di Sumatera Selatan ini kamu bisa melihat keindahan Kota Muara Dua dan juga puncak Gunung Seminung. View yang sangat berbeda untuk Kota Muara Dua memang, dan sudah pasti kehadiran sunset menjadi sajian penutup yang cukup istimewa di Bukit Singau.

Danau Kasmaran,
Terletak di Desa Gemiung, Kecamatan Buana Pemaca. Konon katanya banyak pasangan muda-mudi yang datang ke danau ini akan berlanjut ke jenjang pernikahan. Memang jauh lebih jika dibandingkan dengan Danau Rakihan maupun Danau Ranau. Tetapi pesonanya betul-betul berbeda ketika berada di Danau Kasmaran. Danau ini memang banyak keramba-keramba milik warga setempat yang menghasilkan begitu banyak ikan tawar segar tiap bulannya. Kebanyakan wisatawan yang datang ke tempat wisata di Sumatera Selatan ini memang ingin mencoba sensasi strike ikan tawar yang hidup di Danau Kasmaran.


Itulah beberapa objek wisata andalan Oku selatan. semoga bermanfaat dan selamat berlibur.

Artikel terkait: Daftar alamat hotel dan penginapan di muara dua, Oku selatan.

Comments